RPP Matematika Kelas III

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                           : Matematika

Satuan Pendidikan                    : Sekolah Dasar

Nama Sekolah                             : SD. PUI Cibodas

Kelas / Semester                       : III / I

Hari / Tanggal                            : Rabu, 5 Agustus 2009

Standar Kompetensi

Bilangan

1.  Melakukan oprasi hitung bilangan sampai tiga angka

Kompetensi Dasar

1.1    Menentukan letak bilangan pada garis bilangan

Indikator

  • Siswa dapat mengurutkan bilangan dengan urytan yang benar
  • Siswa dapat mengurutkan letak bilangan pada garis bilangan dengan urutan yang benar

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah melakukan kegiatan ini diharafkan siswa dapat :

  • Mengurutkan bilangan dengan urutan yang benar
  • Mengurutkan bilangan dengan urutan yang benar

B. Materi Pokok

Mengurutkan bilangan dengan urutan yang benar

910 911 912 913 914 915 916 917
918 919 920 921 922 923 924 925

Mengurutkan pada letak bilangan pada garis bilangan dengan urutan yang bener

45    46    47    48    49     50    51    52    53    54    55   56

220    221    222    223   224   225  226  227  228  229  230

C. Metode Pembelajaran

- Ceramah bervariasi

- Tanya Jawab

- Diskusi

D. Langkah-Langkah Pembelajaran

1. Kegiatan Awal ( 5 Menit )

- Siswa di kondisikan kedalam situasi belajar yang kondusif

- Guru memotivasi siswa dengan memberikan beberapa

pertanyaan sebagai apresiasi

- Guru menjelaskan tujuan dan langkah-langkah pembelajaran yang

akan di laksanakan

2. Kegiatan Inti (20 Menit)

- Siswa mendengarkan penjelasan cara mengurutkan bilangan

dengan urutan yang bener

- Guru menjelaskan mengurutkan bilangan pada garis bilangan

- Siswa berlatih mengajarkan soal-soal secara berkelompok

- Guru membimbing siswa

3. Kegiatan Akhir (10 Menit)

- Siswa dan guru menyimpulkan materi yang telah di bahas

- Secara klasikal siswa mengajarkan soal post test

- Guru menutup pelajaran dan menginformasikan materi yang akan

di bahas pada pertemuan selanjutnya

E. Alat / Media dan Sumber Belajar

Alat / Media                 : Papan tulis, Kapur tulis, Penghapus

Sumber Belajar : -    Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

-         Buku Matematika SD dan MI kelas III penerbit

PT. Sarana Panca Karya Nuansa

F. Penilaian

1. Prosedur Penilaian

- Penilaian proses pembelajaran dilakukan untuk melihat kerjasama

siswa  dalam kelompok

- Penilaian akhir pembelajaran (post test)

2. Jenis Penilaian

- Tes tulisan bentuk isian, dilakukan pada akhir pembelajaran

3. Instrumen Pembelajaran

- Lembar Kerja Siswa (LKS), Terlampir

- Lembar Soal, Terlampir

- Lembar Penilaian Kinerja, Terlampir

Mengetahui                                                           Cibodas, 5 Agustus 2009

Kepala SD PUI Cibodas                                                          Mahasiswa

AANG APIDIN SP.d IRMA SRI RAHMAWATI

NIP. 196109151982041002                                        NIM. 818254513

Lembar Soal

Nama : ……………………………..                                   Kelas : ………………………………

Urutkanlah bilangan dibawah ini dengan bener

201 ………… ………… 204 ………… ………… …………
208 ………… ………… ………… 212 ………… …………

1.

310 ………… ………… ………… 314 ………… …………
………… 318 ………… 320 ……….. ………… …………

2.

521 ………… ………… ………… 525 ………… …………
………… ……….. 530 ………… ……….. 533 …………

3.

  1. 625, 626, ……….., …………, ……….., ……….., …………, ………..
  2. 753, 754, ……….., …………, ……….., ……….., …………, ………..

112     ………    ………    ………     116     ………   ……….   ……….

7.

225      ………    ………   ………    ………    230    ……….  ……….

8.

45      ………    ………    ………      49    ……….   ………   ……….

9.

62      ………    ………    ………      66     ……….   ………   ……….

10.

340     ………    ………    ………  ……….      345    ………   ……….

4).     Kunci Jawaban

201 202 203 204 205 206 207.
208 209 210 211 212 213 214.

1.

310 311 312 213 314 315 316
317 318 319 320 321 322 323

2.

521 522 523 524 525 526 527.
528 529 530 531 532 533 534

3.

  1. 625,     626,     627,     628,     629,     630,     631
  2. 753,     754,     755,     756,     757,     758,     759

112    113     114     115     116     117     118     119

7.

225    226     227     228     229     230     231     232

8.

45        46       47      48       49       50       51       52

9.

62      63       64       65       66       67      68       69

10.

340     341     342     343     344     345     346     347

5). Pedoman Nilai

Setiap Soal di beri skor 1, sehingga jumlah skor

Maksimal                     = 10

Nilai Akhir                    = Skor yang di peroleh x 10

Lembar Kerja Siswa

Nama Kelompok                      : ………………………………….

Anggota Kelompok                  : 1. ………………………………

2………………………………..

3………………………………..

4………………………………..

5………………………………..

6………………………………..

7………………………………..

8………………………………..

Urutkan bilangan dibawah ini dengan benar

  1. 463,  464, …….., ………., ……….., ………., ……….
  2. 870,  871, …….., ………., ……….., ………., ……….
651 ……. …….. ……. 655 ……. ……. ……. 659 …….
661 ……. …….. 664 …….. ……. ……. ……. …… …….

3.

4.

321    ……  …….   ……   ……   ……    ……   ……    ……   ……    ……

5.

634       ……  …….   ……   ……   ……    ……   ……    ……   ……    ……

Lembar Penilaian Kinerja Siswa

Mata Pelajaran                         : Matematika

Materi                                      : Mengurutkan Bilangan

Kelas / Semester                      : III / I

Hari / Tanggal               : Rabu, 5 Agustus 2009

Waktu                                      : 10 Menit

Nama Kelompok                      : ……………………………….

Aggota Kelompok                    : 1……………………………..

2……………………………..

3……………………………..

4……………………………..

5……………………………..

6……………………………..

7……………………………..

8……………………………..

Aspek Yang Diamati

Hasil / Skor Pengamatan

1

2 3 4

5

  1. Perhatikan siswa terhadap pelajaran
  2. Aktivitas dalam bertanya
  3. Keberanian dalam berkomunikasi dan bertindak
  4. Aktivitas dalam mengemukakan pendapat
  5. Kelengkapan Informasi ata data
  6. kerja Sama Kelompok

Keterangan

1 = Sangat Kurang

2 = Kurang

3 = Cukup

4 = Baik

5 = Sangat Baik                                                                        Guru Kelas

IRMA SRI RAHMAWATI

NIM : 818254513

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s