Harga Ayam Potong Capai 30 Ribu Saat Lebaran saat ini


Harga ayam potong pada musim lebaran mendatang diperkirakan akan mencapai Rp30 ribu seiring dengan kenaikan harga jual ayam hidup dan tingginya harga minyak tanah di pasaran.

Pedagang ayam “Sawargi” Pasar Caringin, Agus di Bandung, Senin mengatakan kenaikan harga hingga Rp30ribu ini dipastikan terjadi karena harga saat memasuki bulan puasa telah mencapai Rp26 ribu.

“Dari pedagang ayam hidup saja kita beli Rp17.500 ditambah ongkos lainnya sehingga kini harga jual di pasar induk mencapai Rp24 ribu,” kata Agus.

Namun harga tersebut tidak akan bertahan lama karena memasuki lebaran kenaikan harga dari pedagang ayam hidup biasanya naik dan berimbas pada penjualan pedagang pasar induk hingga pasar kecil.

“Bayangkan saja minyak tanah semakin mahal padahal peternak ayam sering menggunakan pemanasan agar ayamnya cepat besar,” tutur Agus.

Sedangkan untuk pedagang ayam potong, minyak tanah digunakan untuk pengulitan bulu ayam. “Gara-gara minyak tanah langka jadinya semuanya naik karena memang keuntungannya tipis sekali,” katanya sambil memperlihatkan proses pengulitan.

Pedagang ayam “Unggul Putra”, Suryana mengatakan harga jual ayam potong di pasar kecil akan bertahan hingga beberapa hari sebelum lebaran.

“Untuk saat ini pasti masih dikisaran Rp26 ribu hingga Rp27ribu karena kemampuan masyarakat hanya segitu-gitunya,” kata Suryana.

Tapi seperti biasanya kenaikan akan terjadi beberapa hari sebelum lebaran. “Kenaikannya tidak akan terlalu tinggi paling maksimal Rp30 ribu,” tuturnya.

Ia juga merasa kasian kepada para pembeli yang saat ini tertekan dengan kenaikan harga di pasar. “Ya gimana lagi memang semuanya mahal, kita yang penjual juga repot,” katanya.

Tidak hanya ayam potong, daging sapi-pun yang kini harganya Rp50ribu hingga Rp55ribu per kilogram diperkirakan akan naik hingga Rp65ribu.

“Harga daging sapi menjelang lebaran pasti naik hingga mencapai Rp65ribu jika dari jagalnya nauk,” kata Otang, pedagang di Pasar Caringin.

Bahkan menurut Kang Cece, pemilik “Purnama Jaya” harga daging paha sapi bisa mencapai Rp70ribu saat lebaran nanti. “Kenaikan harga ini memang lazim jika mau lebaran,” katanya.

Berbeda dengan ayam dan daging sapi, kenaikan harga pada komoditas bawang merah dan cabe merah tidak terjadi saat menjelang puasa karena stok barang yang masih banyak.

“Stok untuk cabe merah dan bawang banyak jadi harga cenderung stabil dan mungkin turun,” katanya.

Di Pasar Caringin, harga cabe merah TW Rp7.000, cabe merah Tanjung Rp8.000, bawang merah Brebes Rp6.000 dan bawang merah batu Rp5.000 per kilogram.
(ANT)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s